Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2020 Dimulai Hari Ini

Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2020 Dimulai Hari Ini

AkuViking – Pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2020 dimulai hari ini tanggal 21 Maret. Dengan jumlah 55 negara yang ikut serta, mereka akan bersaing untuk mendapatkan 24 tiket untuk lolos ke babak selanjutnya. Kompetisi turnamen antar negara ini rencananya akan dilaksanakan di 12 negara yang tersebar di Eropa.

Pada kompetisi Piala Eropa 2020 akan berbeda dari kompetisi Piala Eropa 2016. Kompetisi itu biasanya hanya digelar pada satu atau dua negara saja. Namun, kali ini untuk pertama kalinya, kompetisi akan digelar di 12 negara di Eropa, mulai dari babak kualifikasi hingga ke final. Hal itu dikarenakan sebagai bentuk peringatan 60 tahun kompetisi tersebut sudah berjalan.

Pada awalnya, negara-negara Eropa sudah diminta untuk mengajukan proposal kepada UEFA. Setelah melalui berbagai pertimbangan dan diskusi maka dipilih 12 negara untuk digunakan sebagai tempat menyelenggarakan pertandingan Piala Eropa 2020.

Untuk fase grup dan babak 16 besar, pertandingan akan diselenggarakan di Brussels (Belgia), Copenhagen (Denmark), Dublin (Irlandia), Amsterdam (Belanda), Bucharest (Romania), Glasgow (Skotlandia), dan Bilbao (Spanyol). Adapun beberapa laga juga akan digelar di Saint Petersburg (Rusia), Roma (Italia), Munich (Jerman), dan Baku (Azerbaijan). Keempat kota itu juga dipercaya untuk menggelar babak perempat final. Sedangkan babak semifinal dan final akan diselenggarakan di London (Inggris).

Tak hanya soal venue pertandingan, format kualifikasi juga dijalankan dengan cara baru oleh UEFA. Melalui sistem kualifikasi grup, babak kualifikasi akan menghasilkan 20 tim terbaik yang menghuni peringkat pertama dan kedua klasemen akhir. Selain itu, UEFA juga akan menjaring calon peserta Piala Eropa 2020 yang masih menyisakan empat slot melalui UEFA Nations League.

Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2020 – UEFA Nations League

Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2020
Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2020

UEFA Nations League ialah kompetisi antarnegara baru yang menggantikan pertandingan persahabatan dengan jeda internasional. Turnamen ini terdiri dari empat divisi yang diurutkan berdasarkan peringkat UEFA. Sesuai dengan divisinya, terdapat Liga A, yang merupakan divisi tertinggi, diikuti oleh Liga B, Liga C, dan Liga D yang merupakan divisi terendah.

Dari keempat liga tersebut, tiap liga kemudian dibagi ke dalam empat grup. Tiap grup di Liga A dan Liga B akan berisikan tiga tim. Grup di Liga C ada yang berisikan tiga hingga empat tim. Sedangkan grup di Liga D terdiri dari empat tim. Pengundian fase grup sudah dilakukan pada Januari 2018 dan laga grup dilaksanakan dengan sistem kandang-tandang. Laga dilaksanakan pada jeda internasional pada bulan September hingga November 2018.

Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2020
Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2020

Setelah laga fase grup, maka setiap liga akan menghasilkan empat tim terkuat yang terdiri dari juara grup pada masing-masing liga. Namun, perebutan trofi hanya akan dilakukan oleh empat tim juara grup pada Liga A. Sementara juara grup pada Liga B, Liga C, dan Liga D akan mendapat promosi naik kasta ke Liga diatasnya. Sebaliknya, penghuni posisi terbawah di tiap grup dari Liga A, Liga B, dan Liga C akan turun kasta ke liga dibawahnya.

Kaitan UEFA Nations League Dengan Piala Eropa 2020

Hubungan UEFA Nations League dengan Piala Eropa 2020 memang agak rumit. Jadi laga kualifikasi Piala Eropa akan dilaksanakan terlebih dahulu dan menghasilkan 20 tim yang menjadi juara dan runner-up grup. Namun format UEFA yang baru menentukan 24 tim akan berlaga di babak selanjutnya menyisakan empat tim untuk melengkapinya.

Maka dari itu di sinilah peranan UEFA Nations League, dengan mempertandingkan kembali juara grup masing-masing Liga. Dari empat Liga maka menghasilkan 16 tim yang akan berlaga kembali untuk empat tiket lolos ke babak selanjutnya di Piala Eropa 2020. Setiap Liga akan melaksanakan pertandingan dengan sistem gugur hingga menyisakan empat tim yang merupakan juara dari setiap Liga. Keempat tim inilah yang berhak melengkapi empat slot yang tersedia.

Namun jika tim yang merupakan juara grup di masing-masing Liga sudah dinyatakan lolos ke babak selanjutnya di Piala Eropa 2020, maka kesempatan akan diberikan kepada tim dengan peringkat di bawahnya dalam klasemen grup yaitu posisi runner-up grup dan seterusnya. Singkat cerita, UEFA Nations League adalah kesempatan kedua bagi tim yang sudah bermain bagus di turnamen UEFA Nations League untuk meloloskan diri ke babak selanjutnya Piala Eropa 2020.

BACA JUGA : CARA MEMBUKA WEBSITE YANG TERBLOKIR INTERNET POSITIF

12Naga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *