Kekecewaan Bobotoh Terhadap Lauching Persib Yang Di Gelar Tertutup

akuviking.com – Para pendukung Persib Bandung Bobotoh mengungkapkan rasa kekecewaan mereka dengan acara lauching tim Persib Untuk musim 2020 yang digelar tertutup di Hotel Harris, Bandung, Selasa malam (25/2/2020). Engkos Kosasih, bobotoh asal Holis, Bandung, mengaku kecewa karena tidak bisa menyaksikan langsung peluncuran tim kesayangannya karena hanya mereka yang memiliki kartu undangan, yang bisa menyaksikan acara rutin setiap jelang kompetisii bergulir tersebut.

“Jelas kecewa sekali. Seharusnya launching tim itu di tempat terbuka sehingga bisa disaksikan langsung seluruh bobotohnya,” ujar Engkos.

Padahal, lanjut Engkos, Persib menjelma menjadi tim besar seperti sekarang tidak lepas dari peran bobotoh.

“Tanpa bobotoh, saya kira Persib belum tentu sebesar seperti sekarang,” imbuhnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Ginanjar Kemod, bobotoh asal Cimahi. Ia sangat kecewa peluncuran tim Persib musim 2020 hanya dibatasi oleh kalangan yang mendapat undangan.

“Sebagai bobotoh biasa, saya pribadi sangat kecewa. Launching itu seharusnya memperkenalkan tim ke semua suporternya karena Persib, walau milik PT PBB, tidak bisa dilepaskan dari suporter,” ucap Ginanjar.

Ginanjar mengatakan peran bobotoh sangat penting untuk kelangsungan tim itu sendiri, mulai pemasukan dari tiket dan lain sebagainya.

“Satu partai home itu, pendapatan Persib minimal Rp1 miliar dikali 17 pertandingan kandang, belum pendapatan dari merchandise, hak siar, dan sponsor. Semua pendapatan Persib itu pasti diliihat dari animo bobotohnya,” lanjut Ginanjar.

“Tidak mungkin ada sponsor ke klub tanpa melihat basis suporter klubnya karena pendukungnya banyak, sponsor pun tertarik,” tuturnya.

Itulah mengapa Ginanjar menganggap seharusnya peluncuran tim ditujukan buat bobotoh umum, bukan hanya pihak-pihak tertentu saja.

“Kalau begini jadi bobotoh sudah dilihat sebelah mata dan cuma dimanfaatkan buat kepentingan-kepentingan tertentu saja,” ujar Ginanjar.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *