Ini Alasan Mengapa Suporter Persib Disebut Bobotoh

Mengapa Suporter Persib Dipanggil Bobotoh

Akuviking.com Persib Bandung adalah salah satu tim sepak bola terbesar di Indonesia. Tim yang satu ini telah melegenda dan menjadi tim papan atas sepak bola tanah air. Kebesaran tim sudah dikenal sejak era perserikatan beberapa puluh tahun yang lalu. Persib menjadi tim besar tak lepas dari dukungan para suporter setia mereka. Suporter Persib Bandung yang militan ini dikenal dengan nama Bobotoh.

Nama Bobotoh merupakan sebutan untuk suporter Persib yang sangat loyal dengan tim yang satu ini. Lahirnya nama Bobotoh bukan karena sebab. Semuanya berawal dari sepakbola pada era perserikatan. Bobotoh merupakan sebuah kata yang berasal dari Bahasa Sunda. Kata Bobotoh memiliki arti sekumpulan orang yang memberikan dukungan serta membangun semangat untuk orang lain.

Bobotoh sudah hadir di tempat pertandingan Persib sejak tahun 1937an. Sejak saat itu dimana Persib bertanding pasti akan ada sekumpulan orang yang memberi dukungan. Pendukung tersebut tidak hanya mendukung Persib ketika bermain di kandang, kala itu masih menggunakan Lapangan Tegalega atau juga Lapangan Ciroyom. Bahkan mereka juga hadir di kandang lawan Persib di luar kota.

Berasal dari bahasa Sunda yang artinya sekumpulan orang yang memberikan dukungan

Bobotoh sebagai suporter Persib mulai populer di medium tahun 1989 hingga 1990 karena banyak publik figur yang  menyebutkan kalimat, “Ngabobotohan tim Persib Ka Lapangan Senayan”. Semenjak bumingnya istilah tersebut, maka nama Bobotoh semakin tenar di berbagai media lokal maupun tingkat nasional sebagai nama untuk pendukung tim Maung Bandung.

Dalam perkembangannya kelompok suporter Persib yang bernama Bobotoh kian banyak pengikutnya. Dalam prinsip keanggotaannya, Bobotoh membebaskan semua golongan untuk masuk dalamnya, tidak peduli usia, jabatan, maupun latar belakang pendidikan. Hingga akhirnya, Bobotoh dikenal sebagai salah satu kelompok suporter yang memiliki loyalitas tanpa batas kepada tim kesayangannya.

Bahkan dalam catatan sejarahnya kelompok suporter Persib yang bernama Bobotoh ini pernah mencetak rekor sebagai jumlah penonton paling banyak dalam rentetan sejarah sepak bola di Indonesia. Terlepas dari berbagai permasalahan yang dialami Bobotoh, sampai saat ini Bobotoh merupakan kelompok suporter terbesar di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *