BOPI Akan Laporkan Michael Essien dan Carlton Cole

BOPI Akan Laporkan Michael Essien dan Carlton ColeBOPI Akan Laporkan Michael Essien dan Carlton Cole

Akuviking.com  PT Liga Indonesia Baru dinilai menyalahi kesepakatan awal terkait pemain asing yang belum memegang surat izin tinggal sementara (KITAS). Dari pengawasan yang dilakukan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) ada pemain asing yang tetap diturunkan dalam laga pembuka Liga 1 akhir pekan lalu meski belum memiliki KITAS.

Sekretaris Jenderal PSSI Heru Nugroho mengungkapkan dalam laga Persib melawan Arema di Stadion GBLA, Sabtu 15 April 2017. Persib Bandung menurunkan Michael Essien dan Carlton Cole pada pertandingan tersebut. Heru menilai seharusnya kedua pemain asing itu tidak dapat bermain karena belum memiliki KITAS.

Menurut Heru sesuai kesepakatan sehari sebelum rekomendasi dari BOPI turun, Kamis 13 April 2017 PSSI mengaku telah menegaskan hal tersebut. Bahkan rekomendasi yang keluar dengan catatan menyebutkan BOPI meminta pemain asing yang belum memiliki kitas saat pertandingan berlangsung tidak diperbolehkan main hingga kelengkapan administrasi selesai. Aturan itu tentu bersifat mengikat tidak terkecuali bagi Persib Bandung yang memainkan Michael Essien dan Carlton Cole.

“Saya sudah wanti-wanti ke PT LIB agar tidak menurunkan pemain asing yang belum pegang kitas. Itu merupakan kesepakatan yang kami setujui bersama. Namun di laga pertama kayaknya melanggar kesepakatan tersebut. Kami sudah melakukan pengawasan langsung pada laga di Bandung dan ternyata masih saja ada yang menurunkan pemain asing baru yang belum memegang kitas,” ujar Heru.

Heru mengaku telah memberikan informasi kepada Presiden Direktur PT LIB Berlington Siahaan terkait masalah tersebut. Menurut Heru, Presiden Direktur PT LIB Berlington Siahaan telah menghubungi Sekretaris Menpora Gatot S Dewa Broto dan Ketua BOPI Noor Aman untuk meminta toleransi.

“Namun setahu saya Pak Noor tidak setuju ada toleransi. Pokoknya kalau belum pegang kitas pemain asing tidak boleh turun. Saya juga sudah melaporkan masalah ini ke Pak Gatot dan tidak ada kalimat memberikan toleransi. Itu sudah disepakati makanya saya bilang ke Presiden Direktur PT LIB Berlington Siahaan bahwa kita harus menjaga etika dan spirit profesionalisme,” kata Heru.

Heru menuturkan bakal membawa permasalahan tersebut ke Direktorat Jenderal Imigrasi. Pasalnya dalam undang-undang setiap pekerja profesional harus memiliki KITAS bila ingin bekerja di negara ini.

“Semoga Ditjen Imigrasi mau menindak kasus ini. Masa ada orang kerja profesional di negara kita enggak pakai surat-surat. Padahal bayarannya gede-gede itu,” ucap Heru.

Sebelumnya pelatih Persib Bandung Djadjang Nurdjaman memastikan bila KITAS Essien dan Cole sudah beres. Makanya Djadjang Nurdjaman berani memainkan kedua marquee player tersebut saat laga perdana Liga 1 melawan Arema FC.

BOPI Akan Laporkan Michael Essien dan Carlton Cole

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *