8 Besar Piala Presiden Mayoritas Klub Asal Pulau Jawa

8 Besar Piala Presiden Mayoritas Klub Asal Pulau Jawa

AkuViking – 8 besar Piala Presiden mayoritas klub asal pulau jawa kali ini mencatat sejarah baru. Turnamen yang digelar setiap musim ini kini menjadi ajang bagi klub-klub asal pulau Jawa untuk menunjukkan taringnya. Bagaimana tidak, tujuh dari delapan tim yang lolos ke perempat final Piala Presiden 2019 kali ini adalah tim yang berasal dari pulau Jawa.

Hanya satu tim yang berasal dari luar pulau Jawa, yakni Kalteng Putra yang berasal dari pulau Kalimantan. Kalteng Putra memastikan diri lolos ke babak perempat final setelah mengalahkan Persipura Jayapura dengan skor 3-1. Mereka dipastikan sebagai tim terakhir yang lolos ke babak perempat final sebagai juara grup usai kemenangan di Stadion Moch Subroto, Magelang, Sabtu (16/3).

8 Besar Piala Presiden Mayoritas Klub Asal Pulau Jawa
8 Besar Piala Presiden Mayoritas Klub Asal Pulau Jawa

Sebenarnya Kalteng Putra sempat tertinggal lebih dulu namun berhasil bangkit dan meraih kemenangan saat menghadapi Persipura. Kemenangan itu menggeser Persipura dari peringkat pertama Grup C karena unggul dalam statistik head to head.

Sementara itu, kemenangan 1-0 yang diraih PSIS Semarang atas PSM Makassar juga seakan tak berarti. Pasalnya skema tiga runner-up terbaik yang memiliki enam poin minimal, dipilih berdasarkan selisih gol diantara seluruh tim runner-up yang memiliki enam poin. Dengan demikian kemenangan PSIS Semarang dengan skor tipis 1-0 itu juga tidak bisa membuat mereka lolos ke babak selanjutnya. Kalteng Putra pun lolos dengan predikat juara grup C. Kalteng Putra pun menjadi satu-satunya klub asal luar pulau Jawa yang akan berlaga di perempat final Piala Presiden 2019.

7 tim dari 8 Besar Piala Presiden terdiri dari 3 tim Jawa Barat dan 4 tim Jawa Barat

Dari bagian barat Pulau Jawa ada tiga tim yang bermarkas di Jakarta dan sekitarnya, yakni Persija Jakarta, Bhayangkara FC, dan Tira Persikabo. Persija lolos sebagai juara Grup D Piala Presiden 2019 yang dilaksanakan di Sleman. Persija kokoh di puncak klasemen dengan tujuh poin, unggul selisih gol setelah bermain imbang melawan Madura United pada laga kedua.

Dari Grup B, Bhayangkara FC lolos dengan catatan sempurna dan mengemas tiga poin penuh sepanjang tiga pertandingan Grup B. Tim asuhan Angel Alfredo Vera itu lolos dengan tiga kemenangan mutlak di setiap pertandingan di Stadion Patriot, Candrabhaga, Bekasi.

Sedangkan Tira Persikabo berhasil lolos dari Grup A setelah menjadi satu dari tiga runner-up terbaik. Tim asuhan Rahmad Darmawan itu menempati peringkat kedua dari lima tim yang menduduki posisi runner-up dengan unggul selisih gol.

8 Besar Piala Presiden Mayoritas Klub Asal Pulau Jawa
8 Besar Piala Presiden Mayoritas Klub Asal Pulau Jawa

Sementara empat tim yang berasal dari Jawa Timur antara lain Persebaya Surabaya, Arema, Madura United, dan Persela Lamongan.

Persebaya lolos dengan predikat juara Grup A Piala Presiden 2019, unggul selisih gol atas Tira Persikabo di posisi runner-up. Di sisi lain, Persela melaju ke babak selanjutnya sebagai juara Grup E Piala Presiden 2019. Persela unggul satu poin atas tuan rumah Arema, yang juga lolos ke babak perempat final Piala Presiden 2019 sebagai runner-up terbaik.

Satu lagi runner-up yang lolos ke perempat final adalah Madura United. Tim asal Madura ini memiliki poin yang sama dengan Persija sebagai juara Grup D, hanya saja kalah selisih gol. Laskar Sapeh Kerap berada di peringkat teratas dalam tabel klasemen runner-up terbaik Piala Presiden 2019.

Babak perempat final Piala Presiden 2019 rencananya akan digelar pada tanggal 29 dan 31 Maret 2019. Dalam satu hari akan digelar dua pertandingan dengan format sistem gugur. Mengenai tempat pertandingan akan ditentukan melalui proses drawing, empat dari lima juara grup akan menjadi tuan rumah babak perempat final.

BACA JUGA : CARA MEMBUKA WEBSITE YANG TERBLOKIR INTERNET POSITIF

12Naga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *